Hakikat RPP - Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP

Prinsip-prinsip pengembangan RPP, secara tegas dipaparkan dalam Permendikbud No 22 tahun 2016 bahwa penyusunan    RPP    hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. RPP disusun guru sebagai terjemahan  dari kurikulum dan silabus yang telah dikembangkan secara tingkat nasional; 
  2. Perbedaan  individual  peserta  didik,  antara  lain  kemampuan  awal, tingkatintelektual,    bakat,   potensi,   minat,   motivasi   belajar, kemampuan sosial, emosi,   gaya  belajar,   kebutuhan  khusus,  kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik; 
  3. Partisipasi aktif peserta didik;
  4. Berpusat  pada  peserta  didik  untuk  mendorong  semangat  belajar, motivasi, minat,  kreativitas,  inisiatif,  inspirasi,  inovasi  dan kemandirian;
  5. Pengembangan   budaya   membaca   dan   menulis   yang   dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan;
  6. Pemberian  umpan  balik  dan  tindak  lanjut  program pembelajaran dengan mendesain  program: pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi;
  7. Penekanan  pada  keterkaitan  dan  keterpaduan  antara  KD,  indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran,  kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar menjadi satu keutuhan pengalaman belajar;
  8. Mengakomodasi  pembelajaran  tematik-terpadu,  keterpaduan  lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya;
  9. Penerapan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  secara  terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Comments

Popular posts from this blog

ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA

Penelitian Geografi - Objek Penelitian Geografi