Hakikat RPP - Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP

Prinsip-prinsip pengembangan RPP, secara tegas dipaparkan dalam Permendikbud No 22 tahun 2016 bahwa penyusunan    RPP    hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. RPP disusun guru sebagai terjemahan  dari kurikulum dan silabus yang telah dikembangkan secara tingkat nasional; 
  2. Perbedaan  individual  peserta  didik,  antara  lain  kemampuan  awal, tingkatintelektual,    bakat,   potensi,   minat,   motivasi   belajar, kemampuan sosial, emosi,   gaya  belajar,   kebutuhan  khusus,  kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik; 
  3. Partisipasi aktif peserta didik;
  4. Berpusat  pada  peserta  didik  untuk  mendorong  semangat  belajar, motivasi, minat,  kreativitas,  inisiatif,  inspirasi,  inovasi  dan kemandirian;
  5. Pengembangan   budaya   membaca   dan   menulis   yang   dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan;
  6. Pemberian  umpan  balik  dan  tindak  lanjut  program pembelajaran dengan mendesain  program: pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi;
  7. Penekanan  pada  keterkaitan  dan  keterpaduan  antara  KD,  indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran,  kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar menjadi satu keutuhan pengalaman belajar;
  8. Mengakomodasi  pembelajaran  tematik-terpadu,  keterpaduan  lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya;
  9. Penerapan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  secara  terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Comments

Popular posts from this blog

ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA

Penginderaan Jauh

Penelitian Geografi