Integrasi Teknologi dan Media ke dalam pembelajaran Abad ke 21

Dijelaskan oleh Smaldino, S. E., dkk  (2015: 7-11) bahwa kegiatan  pembelajaran di era digital dilakukan di dalam atau di luar kelas dimana teknologi berbasis komputer merupakan  komponen  pembelajaran  yang  mudah  diakses  dan  dapat  dipakai    untuk menemukan  sumber belajar. Perangkat  dan  koneksi  digital  memperluas  kemampuan siswa  yang  datang  dari  berbagai  arah. Ada  dua  bentuk  kegiatan  belajar  yang  dapat dilakukan  dengan  memanfaatkan  media  digital  berbasis  komputer  diantaranya interactive tools dan interacting with others

Interactive  tools  atau  media  peralatan  interaktif.  Peserta  didik  di  era  digital menggunakan perangkat nirkabel bergerak  (internet)  dengan  berbagai cara di dalam dan di  luar  aturan  sekolah  yaitu  dengan  memanfaatkan  teknologi  dan  media  informasi internet  kapanpun  dan  dimanapun  saat  diperlukan.

Interacting  with  others  (berinteraksi  dengan  orang  lain).  Penggunaan  media komputer berbasis internet memudahkan siswa untuk mencari sumber belajar dengan mudah dan cepat dimanapun dan kapanpun.  Ponsel pintar (android), tablet, dan laptop yang terhubung dengan saluran internet dapat digunakan untuk mengirim pesan berupa video,  pesan  suara,  dan  animasi.

Dijelaskan oleh Saripudin (2015:3) bahwa teknologi informasi web mengalami perkembangan sangat pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya web 1.0 yang bersifat statis  dan  searah.  Kemudian  digantikan  web  2.0  yang  mengedepankan  prinsip kolaborasi  antar  komponen  maupun  manusia.  Proses  dan  teknologinya  pun  menjadi fleksibel  guna  mendapatkan  informasi  yang  sesuai  kebutuhan  pengguna  dan  tanpa batas.  Penggunaan  web  sebagai  media  interaktif  manusia  sudah  menjadi  kebutuhan yang  tidak  bisa  dipungkiri  lagi  di  era  digital  abad  21  ini.  Hal  ini  dikarenakan penggunaannya yang mudah dan fleksibel sesuai kebutuhan.

Contoh pemanfaatan media dan informasi digital dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik adalah pembuatan  blog tentang pemanasan global dimana mereka secara teratur bertukar komentar dan tautan terkait  materi pemanasan global  dengan peserta  didik  lain  yang  berada  di  seluruh    penjuru  dunia.Siswa  tingkat  sekolah menengah menggunakan wiki untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang menanggapi kegiatan menulis mereka. Sementara  peserta didik  sekolah menengah  kelas sastra  di Amerika mengunggah podcast wawancara dengan penulis terkemuka  ke situs web kelas (Smaldino, S. E., dkk, 2015: 11)

Comments

Popular posts from this blog

ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA

Penginderaan Jauh

Penelitian Geografi